Tips dan Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email dengan Benar

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email – Salah satu hal yang perlu dipahami di era modernisasi teknologi adalah bagaimana memanfaatkan teknologi baik secara tepat waktu maupun tepat sasaran sehingga dapat mencapai hasil yang diharapkan, termasuk saat melamar pekerjaan.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email

Banyak perusahaan merekrut tenaga kerja untuk mengisi lowongan dengan mengirimkan lamaran melalui email.

Berikut beberapa tips agar berhasil mengirim lamaran kerja melalui email:

1. Menyerahkan surat lamaran dalam bentuk PDF

Saat mengirim surat lamaran, pastikan beberapa data seperti surat lamaran, resume dan beberapa file pendukung dibuat dalam satu file dan dikirim.

File dokumen dalam format PDF dan memiliki ukuran maksimal satu MB.

2. Menyerahkan surat lamaran pada jam kerja

Berhati-hatilah saat mengirim surat lamaran melalui email saat Anda sedang bekerja agar tidak menumpuk dengan email lain. Selama jam kerja, email diharapkan segera dibaca setelah dikirim.

3. Pastikan data dokumen terbaca

Jika Anda mengirim surat lamaran melalui email, cobalah untuk memindai data dalam keadaan terbaca dan tidak buram sehingga dapat terbaca dengan baik. Data yang dibaca membuat surat lamaran Anda dapat dibaca oleh departemen sumber daya manusia perusahaan.

4. Email yang valid

Jika Anda mengirim surat melalui email, usahakan menggunakan email yang sesuai dengan nama kami dan subjek email akan diisi dengan posisi yang Anda lamar.

Pencocokan nama email dengan nama dan subject email yang diisi sesuai dengan pekerjaan memudahkan dalam penyampaian dan pembacaan surat lamaran pada saat proses lamaran.

Sending Your Resume Via Email | Resume | WorkAlpha

Gunakan Format Surat Lamaran Kerja yang Benar

Sebenarnya format surat lamaran melalui email tidak jauh berbeda dengan format biasanya. Hanya tempat dan tanggal pengiriman surat yang dihilangkan. Kemudian identitas penerima diletakkan di bagian to: atau section di pembukaan email.

Surat lamaran melalui email biasanya berisi:

  1.       Salam pembuka
  2.       Paragraf pembuka (Application Intent)
  3.       Identitas pengirim (nama, alamat, nomor handphone, email, pendidikan)
  4.       Paragraf tengah (menjelaskan pengalaman dan keterampilan)
  5.       Penutup (semoga bisa lanjut ke fase selanjutnya, dan salam penutup)

Untuk menutup email, Anda biasanya dapat menggunakan penutupan. Tetapi Anda juga dapat membiarkan kreativitas Anda berjalan bebas dengan menetapkan tanda tangan unik di pengaturan email.

Contoh Body Email Lamaran Kerja Fresh Graduate

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar yang kami sadur dan bersumber dari dailysocial.id, sebagai lamaran fresh graduate yang membutuhkan inspirasi. Ini akan membantu Anda lebih memahami bagaimana menerapkan langkah-langkah di atas.

Juga untuk lulusan baru versi tradisional, Anda dapat menggunakan tulisan dalam contoh surat lamaran. Maka yang harus Anda lakukan adalah mengubah dan menyesuaikan format untuk email.

To : recruitment.hrd@gunungagung.co.id Cc: (masukkan alamat email penerima lainnya di sini) Subject : Surat Lamaran Kerja Web Designer

Dengan hormat,

Sesuai dengan pengumuman lowongan kerja di Jobkarir bahwa PT. Gunung Agung sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai Web Designer, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Adi Hariyadi Alamat : Jl. Hasanudin, No. 34, Nginden, Solo, Jawa Tengah No. Handphone: 08523456787 Pendidikan : S1 Desain Grafis Universitas Terbuka

Tertarik untuk mengisi lowongan pekerjaan yang tersedia. Saya memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang web developer, web programming dan web desainer. Selama delapan bulan saya magang dan berpengalaman memegang pemeliharaan dan back-up website milik startup Lazada.

Bersama dengan surat ini saya juga melampirkan beberapa berkas sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu ke dalam bentuk attachment yang bisa diunduh, seperti:

Daftar riwayat hidup (CV)

Scan Ijazah

Scan Transkrip Nilai

Scan Sertifikat Kompetensi

Pas Foto

Besar harapan saya untuk menghadiri panggilan tes dan wawancara untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(nama & tanda tangan)

Itulah tips cara mengirim lamaran kerja lewat email. Selain beberapa tip ini, perhatian diberikan pada kenyataan bahwa pelamar harus siap menerima panggilan kapan saja setelah aplikasi. Sehingga pelamar kerja harus mempersiapkan diri untuk mengikuti tes setelah lulus pengajuan.

 

Download Lagu MP3 Dengan Mudah dan Cepat