Cara Setting PCSX2 Agar Tidak Lag dan Lemot

Bagaimana cara setting pcsx2 agar tidak lag saat dimainkan? Cari jawabannya di postingan kami kali ini!

Anak-anak yang lahir di tahun 90an pasti pernah mengalami masa dimana mereka bermain console game PS2 untuk disewakan atau di rumah, mungkin di tahun 2008an dan seterusnya PS2 sempat populer di kalangan remaja. 

Game-game yang diunggulkan di PS2 saat itu sangat seru untuk dimainkan karena sangat berbeda dengan console sebelumnya yaitu PS1 terutama pada grafis gamenya.

Sebagai pengguna console game Playstation, keinginan untuk memainkan PS2 terkadang muncul secara instan, namun kelangkaan perusahaan rental yang saat ini menyewa console PS2 sedikit mengecewakan bagi kami para pengguna. Sebagian besar rental console menyewakan console PS3, PS4, dan PS5. Mau beli console PS2 juga agak sayang karena uangnya mungkin cuma buat main sebentar. 

Jadi, bagi Anda yang memiliki komputer atau laptop, tidak perlu khawatir lagi untuk dapat memainkan console PS2. Anda tidak perlu khawatir memiliki console untuk dimainkan, cukup dengan menggunakan emulator PCSX2, Anda dapat memainkan game PS2 seperti console tersebut.

Pada artikel kali ini, kami akan sedikit memberikan anda panduan install dan cara setting PCSX2 agar tidak lag saat dimainkan. Langsung saja, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi PCSX2 Lambat dan Patah-Patah

pcsx2 patah patah
Sumber gambar: Reddit

Banyak keluhan dari sebagian orang saat bermain game PS2 di emulator PCSX2, keluhan tersebut adalah lemot dan gagap saat bermain game. Memang bermain game PS2 di emulator PCSX2 harus memiliki spek laptop atau komputer yang tinggi yang mendukung performa, grafik game tersebut agar dapat bermain dengan lancar tanpa gangguan. 

Apakah PCSX2 dapat digunakan untuk spek laptop/komputer spek rendah? Tentu saja dapat. 

Agar dapat memainkan game PS2 di emulator PCSX2 dengan lancar tanpa kendala seperti lag, lemot, breakage, loyo, dll, diperlukan setup emulator terlebih dahulu.

Konfigurasi tersebut diperlukan untuk meminimalisir terjadinya lag, lemot, patah-patah saat bermain game. Konfigurasi emulator juga harus disesuaikan dengan spesifikasi laptop/komputer yang kita gunakan untuk bermain. Jika tidak diatur biasanya akan mengalami lag, lemot, patah-patah. 

Secara default, pengaturan emulator default adalah sedang hingga tinggi. Hal ini tidak akan menjadi masalah jika spek yang digunakan memiliki spek yang mumpuni untuk menjalankan emulator tersebut. Namun, jika konfigurasi default ini diterapkan pada laptop/komputer spek rendah kita, lag, kelesuan, dan gagap akan terjadi. 

Untuk meminimalisir terjadinya lemot, loyo, patah-patah, silahkan melakukan setup terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini. Silahkan ikuti dan praktekkan segera.

Panduan Cara Setting PCSX2 Agar Tidak Lag (PCSX2 1.6.0)

Sumber gambar: gamebrott.com

Berikut adalah panduan mudah cara setting PCSX2 agar tidak lag yang dapat anda coba.

  1. Pastikan emulator PCSX2 1.6.0 sudah terpasang dengan benar di laptop/komputer Anda.
  2. Di tab menu Konfigurasi Pertama Kali PCSX2, hapus centang Gunakan Pengaturan Default.
  3. Di Jalur Pencarian BIOS, klik Telusuri, lalu pilih folder BIOS yang disimpan.
  4. Pilih versi BIOS AS.
  5. Kemudian beralih kembali ke Emulation Settings melalui Config > Emulation Settings > GS.
  6. Bandingkan konfigurasi dengan gambar di bawah ini

Jika masih lambat, Anda juga dapat beralih ke:

  • Base Frame Rate Adjust : 100%
  • Slow Motion Adjust : 30%
  • Turbo Adjust : 300%
  1. Kemudian pada menu GS Windows, cocokkan dengan konfigurasi di bawah ini.

Jika masih lambat, Anda juga dapat mengubahnya menjadi:

  • Aspect Ratio : Standard (4:3)
  • FMV Aspect Ratio Override : Standard (4:3)
  • Custom Window Size : 320 x 240
  1. Di menu Speedhacks, centang semua opsi kecuali Enable Fast CDVD.
  2. Selanjutnya, buka menu Plugin Settings dengan cara klik Config > Audio > Plugin Settings.
  3. Bandingkan konfigurasi dengan gambar di bawah ini.
  4. Terakhir, klik Konfigurasi > Video > Pengaturan Plugin.
  5. Bandingkan konfigurasi dengan gambar di bawah ini.

Setelah mengikuti semua konfigurasi di atas, restart emulator dengan cara menutupnya terlebih dahulu lalu membukanya kembali, lalu jalankan file iso yang ingin dimainkan. Periksa dan rasakan perbedaannya setelah pemasangan.

Penutup

Demikian artikel Bagaimana cara setting PCSX2 agar tidak lag dan lemot. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat terkait masalah emulator ini. Terima kasih telah membaca artikel ini, bagikan ke teman-teman Anda jika artikel ini bermanfaat bagi Anda. 

Jika ada pertanyaan seputar penjelasan artikel cara setting pcsx2 agar tidak lag ini, anda dapat langsung bertanya melalui kolom komentar ya!

Jangan lupa juga untuk mengikuti artikel menarik lainnya dari yerzies.

Cara Penulisan Press Release Menarik Dan Mudah Faktor Penyebab Stunting Menurut Kemenkes Pada Balita